Oleh : Anissa Nurmalahayati
Pada saat ini, semakin maju dan berkembangnya teknologi digital pada era revolusi 4.0 menjadikan kita harus mampu membuka peluang besar dan mampu berdaya saing untuk mengelola bisnis. Digital entrepreneurship merupakan bisnis dengan menggunakan dan menfaatkan teknologi sebagai keunggulan dalam operasi internal dan eksternal. Strategi bisnis yang perlu diperhatikan di era digital saat ini terbagi atas lima hal penting yaitu :
- Kepuasaan pelanggan yang akan memperoleh keunggulan kompetitif dengan maksud untuk menjadi ciri khas suatu usaha dengan pesaing usaha yang lain.
- Omnichannel dengan tujuan menghubungkan dunia offline ke online agar menyentuh peran digital saat ini.
- Big data yang mendukung transaksi bisnis seperti prediksi untuk suplai usaha, dan juga untuk mengetahui adanya pesaing yang masuk ke customer.
- Ada cybersecurity untuk melindungi data dan infomasi bisnis karena dunia digital dapat dengan mudah diakses oleh siapapun. Dengan begitu untuk mengantisipasi pengambilan data perusahaan maka harus dengan benar-benar dilindungi.
- Digital Capability untuk mendukung usaha masuk ke dunia digital. Hal ini diperlukan untuk menyatukan dan memudahkan informasi karena tersebarnya cabang usaha di kota-kota lain. Selain itu juga sebagai control system transaksi bisnis.
Tidak
hanya itu, mengikuti era industry mahasiswa diharapkan dapat merancang prospek
di masa depan dengan mengikuti perkembangan teknologi digital seperti pabrik
modern akan dilengkapi sensor sebagai pengendali status operasi secara online
untuk meningkatkan efisiensi, hasil, kualitas untuk pemeliharan big data. Berikutnya,
pada produktivitas tambang, peran digital juga dapat dimanfaatkan dengan
software yang menggabungkan pertimbangan geologi dan peratan, sensor untuk
mendeteksi alat berat, drone untuk memantau data lingkungan dan cuaca. Toko
digital ritel yang saat ini sedikit mulai berjalan, menyebabkan hampir tidak
membutuhkan sumber daya manusia. Prospek ini mampu menjadi prediksi yang luar
biasa dimasa yang akan datang. Selain itu, Indonesia sebagai negara pertanian
diharapkan akan mampu ikut dengan teknologi yang ada misalnya traktor otonom
yang digerakkan oleh GPS, sistem penyiraman dan pemupukan dengan sensor serta ternak yang akan diberi geotag.
Mahasiswa harus memanfaatkan peluang perkembangan media digital informasi karena
prospek yang menjanjikan supaya bisa memiliki nilai lebih untuk menjadi seorang
digital entrepreneur. Memulai bisnis di dunia digital memang tidaklah mudah,
harus menyiapkan strategi untuk mencapai peluang yang ada. Seorang wirausaha
harus memiliki kompetensi dan skill yang baik agar dapat bersaing dalam
membangun usaha . Tercapainya target finansial merupakan tujuan dari wirausaha
supaya tidak mencapai titik terendah (Low
target).
Pertama,
strategi untuk mengembangkan usaha dengan adanya pelanggan. Sebagai seorang
wirausaha, kita harus bisa menarik perhatian konsumen untuk mendapatkan
pelanggan baru, dapat dilakukan dengan membagikan brosur ataupun iklan. Setelah
mendapat pelanggan baru, kita harus berusaha agar pelanggan menjadi loyal
sehingga dapat membeli untuk terus-menerus. Hal ini dapat dilakukan dengan
promosi ‘buy one get one’ atau bonus
sejenisnya. Lewat pelanggan baru yang sudah dapat kepercayaannya akan membentuk
pelanggan yang lama yang loyal dan tentunya dapat menarik konsumen baru.
Kedua,
kita juga harus memperhatikan strategi hemat biaya dan asset produktifitas.
Ditentukannya harga sangat dibutuhkan agar tidak terjadi ketimpangan biaya
dalam usaha. Barang yang jadikan usaha juga harus memiliki kualitas baik agar
dapat bertahan dalam finansial. Dengan adanya kualitas, membuat pelanggan
memiliki kepercayaan sehingga harus menyiapkan ketersediaan serta pilihan
produk yang memiliki fungsi untuk konsumen agar usaha dapat berkembang. Selain
itu, pelanggan yang dijadikan mitra dan citra akan berpengaruh juga dalam
usaha. Misalnya, dengan layanan usaha kita yang cepat dan tanggap akan
menjadikan strategi untuk memiliki brand kita sendiri.
Kepuasan
pelanggan terlahir dari adanya proses internal yang dimiliki oleh seorang
wirausaha. Mulai dari operasi yang terdiri dari pasokan barang yang
berkualitas, sistem produksi dan distribusi cepat tanggap hingga resiko dari
usaha tersebut. Selanjutnya, pelanggan baru yang terbentuk karena adanya
seleksi akan menjadikan pelanggan lama dengan loyalitas sehingga terjadi repeat order pada pelanggan tersebut,
dan tentunya dapat juga mendatangkan konsumen baru. Inovasi dalam usaha juga
sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi peluang yang ada, contohnya
menciptakan barang baru dari sisa-sisa barang yang telah terpakai untuk
menjadikannya sumber peluang dalam usaha. Produk dapat dikemas untuk menarik
perhatian dan brand tersendiri. Terlepas dari itu, regulasi sosial penting
dalam proses bisnis seperti keselamatan pekerja dan lingkungan sekitar hingga
komunitas harus selalu diperhatikan apalagi dimasa pandemic seperti ini.
Sebelum memasuki proses internal dalam berwirausaha, kita harus membuat skala
prioritas serta meningkatkan sumber daya manusia, informasi mengenai usaha,
hingga organisasi apabila sudah tidak solo
preneur.
Dengan
demikian, sebagai seorang wirausaha banyak hal yang harus diperhatikan supaya
dapat mencapai target finasial yang sudah ditentukan. Dasar dari usaha adalah
kompetensi dan kemauan. Jika hal ini sudah terbentuk maka kita dapat membangun
tata cara berbisnis dan bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan guna
menaikkan komitmen serta integritas. Adanya kemauan dari diri juga harus
dilandasi dengan kompetensi yang dimiliki seperti :
- Komunikasi yang baik sebagai kunci utama sukses dalam berwirausaha. Seorang wirausaha harus dapat menjelaskan ide dan promosi kepada investor atau konsumen.
- Kecerdasan finansial untuk mengendalikan kas yang baik bagi solopreneur, freelancer ataupun bisnis besar.
- Merk atau brand yang dimiliki sebagai identitas usaha. Dengan adanya merk atau brand maka suatu produk akan dikenal oleh banyak orang.
- Strategi marketing sangat penting seperti pemasaran konten, dengan maksud memperkenalkan suatu produk ke banyak orang.
- Networking untuk menjaga tali silaturahmi seorang wirausaha serta menguatkan suatu bisnis.
- Automation dengan melakukan pengulangan, jika melakukan hal yang sama berulang kali akan mengurangi produktifitas wirausaha.
- Design yang bukan hanya tampilan tetapi juga fungsinya. Adanya design yang menarik maka konsumen pun akan lebih tertarik.
- Analisis data untuk membuat suatu keputusan berdasarkan data yang ada.
- Technical dalam dunia digital suatu pemrograman yang dijalankan seorang wirausaha yang terjun dalam dunia digital untuk mengembangkan pemikiran yang logis.
- Learning merupakan sebuah keterampilan untuk meningkatkan kinerja bisnis dalam mengenalkan produk kepada konsumen.
Good job! Terus posting artikel menarik lainnya.
BalasHapusKeren niss !!
BalasHapus